Tempat Makanan Khas Aceh Singkil

 Tempat Makanan Khas Aceh Singkil Kuliner yang Lezat dan Murah

Tempat Makanan Khas Aceh Singkil Kuliner dan Makanan Khas Aceh Singkil, Aceh Singkil adalah kabupaten yang terletak di provinsi Aceh Indonesia. Daerah ini tidak hanya dikenal dengan wisata religi-nya tetapi juga populer sebagai tempat wisata kuliner. Nah di artikel travelling berikut ini akan dijelaskan tentang makanan khas Aceh Singkil yang nikmat dan murah.

makanan khas Aceh Singkil

Makanan khas Aceh Singkil dikenal memiliki kegurihan dan kadar kerenyahan yang pas. Hal ini dikarenakan pemasangan bumbu yang tepat dan ukuran yang juga ideal. Maka dari itu, kuliner Aceh Singkil sangat disukai oleh pengunjung yang kebetulan mampir ke tempat ini.

Di bawah ini terdapat beberapa daftar kuliner khas Aceh Singkil yang memiliki kadar kegurihan sangat luar biasa. Dijamin jika kamu mencicipinya pasti ketagihan dan tidak akan berhenti mengunyah. Ini dia makanan-makanan yang dimaksud:

1. Lompong Sagu

Lompong Sagu Singkil

Kuliner dan makanan khas Aceh Singkil yang pertama adalah Lompong Sagu. Ini merupakan penganan jenis kue yang rasanya gurih dan sangat lezat. Apalagi jika dikonsumsi saat masih hangat.

Sesuai dengan namanya, Lompong Sagu dibuat dari bahan sagu yang dicampur dengan gula merah dan garam. Setelah itu, adonan tersebut ditambahkan satu buah pisang lalu dibungkus dengan daun pisang agar beraroma.

Setelah lompong Sagu sudah siap baru dibentuk seperti lemper dan diletakkan di atas tungku nyala agar matang. Jika sudah masak baru makanan ini bisa dihidangkan.

2. Lokan Panggang

Lokan Panggang

Lokan Panggang dianggap kuliner sea food khas Aceh Singkil yang paling top dan viral. Apalagi lokan yang dijadikan bahan masakan berkualitas tinggi dan memiliki kadar nutrisi yang juga tinggi.

Sebelum makanan dari kerang lokan ini dihidangkan, cangkangnya harus dilepas terlebih dahulu. Setelah itu baru lokan dilumuri dengan bumbu kecap pedas untuk menambah selera.

Jika semua bahan sudah siap, baru Lokan bumbu tersebut dipanggang dengan menggunakan api sedang. Kalau warnanya sudah berubah kecokelatan dan aromanya harum, berarti lokan sudah matang dan siap untuk dihidangkan.

3. Mayang Papan

Mayang Papan

Makanan khas Aceh Singkil yang berikutnya ialah Mayang Papan. Kuliner yang tidak hanya lezat tetapi tekstur dari toping-nya juga sangat menarik. Maka dari itu, banyak yang beranggapan kalau Mayang Papan adalah ikon Aceh Singkil dalam hal kuliner.

Mayang Papan adalah makanan jenis cemilan atau makanan ringan yang memiliki rasa gado-gado. Pasalnya, jika mencicipi kuliner ini, ada berbagai macam sense di lidah seperti asam, manis, asin dan pedas.

Kuliner ini menggunakan tepung beras sebagai bahan utama. Sedangkan potongan durian menjadi bahan pendukung yang membuat rasa kuliner lebih legit dan beraroma. Setelah dua bahan ini tersedia, baru dimasukkan bumbu seperti gula, garam dan kapur sirih.

4. Sate Lokan

Sate Lokan

Makanan yang populer di Jawa adalah Sate Keong. Namun, di Aceh Singkil juga ada kuliner yang sama, namanya adalah Sate Lokan. Yang berbeda cuma jenis keong-nya, yang mana di Aceh Singkil menggunakan keong jenis lokan.

Sate Lokan khas Aceh Singkil dianggap memiliki kelezatan yang luar biasa. Karena alasan ini pula turis asing bersedia datang jauh-jauh ke Aceh hanya untuk mencicipi makanan ini.

Sate Lokan yang paling populer adalah Sate Lokan Bumbu Kari. Karena makanan inilah yang paling banyak diburu wisatawan. Alasannya sederhana, yaitu perpaduan bumbu sate dengan bumbu kuah kari pasti menghadirkan sensari rasa sate yang unik.

Jika sate biasa, umumnya hanya menggunakan bumbu kecap manis dengan sambal pedas. Nyaris tidak pernah ditemukan sate dimasak dengan bumbu kari. Namun sate Lokan berbeda. Justru dengan dikonsumsi bersama bumbu kari rasanya lebih gurih dan renyah.

5. Godekh Sagu

Godekh Sagu

Godekh Sagu adalah makanan yang tidak boleh ditinggalkan ketika datang ke Aceh singkil. Karena selain rasanya membuat ketagihan, harganya juga terjangkau serta mengenyangkan.

Godekh Sagu adalah kuliner sejenis kolak yang dibuat dari bahan sagu yang sudah dikeringkan. Setelah itu, sagu dimasak dengan sebelumnya dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kuah santan.

Untuk menambah selera, pastikan pemasangan garam dan gula harus tepat. Jangan sampai kebanyakan atau malah terlalu sedikit sehingga rasanya menjadi hambar. Maka dari itu, dirasa dulu makanannya baru ditambahkan bumbunya.

nah itu lah beberapa makanan khas Aceh Singkil yang rasanya sangat nikmat dan murah. Jika kebetulan datang ke daerah ini, silakan buru makanan-makanan tersebut lalu rasakan kenikmatannya.

baca juga: Tempat Kuliner di Rantauprapat