21/06/2024

Daftar Rumah Makan Viral

Tempat Makan Paling Recomended Di Seluruh Indonesia

Tempat Makan Mie Koclok

Tempat Makan Mie Koclok, Bicara tentang kuliner khas Cirebon, orang pasti akan langsung menyebut empal gentong, nasi jamblang, serta tahu gejrot. Selain itu, ada kuliner khas Cirebon lainnya, yaitu mie koclok yang juga tak kalah lezatnya. Sajian khas Cirebon ini bahan dasarnya mie yang diberi kuah kental. Rasa makanan ini selalu sukses membuat para penggemarnya mencicipinya lagi dan lagi. Bagi yang belum tahu apa itu mie koclok, mungkin mereka berpikir ini semacam plesetan dari mie kocok. Namun kedua sajian ini berbeda jauh.

Mie Koclok diberi kuah kental yang terbuat dari santan kelapa serta ditambah isian yang terdiri dari suwiran ayam, taoge, potongan telur, kol, serta daun bawang. Penasaran dengan rasanya? Yuk kita mampir di 5 tempat makan mie koclok di Cirebon ini.

1. Warung Mie Koclok Abah Gaul

Tempat Makan Mie Koclok

Nama warung mie koclok yang satu ini sudah tak asing lagi di kalangan penggemarnya. Abah Gaul merupakan tempat yang banyak dituju saat ingin mencicipi makanan khas Cirebon ini. Kelezatan mie koclok di tempat ini sudah terbukti, maka tak mengherankan kalau warung kaki lima ini tak pernah sepi dari pengunjung, bahkan hingga malam hari. Jika dilihat, penampilan mie ini sekilas akan mengingatkanmu pada mie celor. Kemiripan terdapat pada kuah kentalnya.

Yang membedakan adalah kuah mie koclok berwarna putih yang berasal dari santan. Secara tekstur kuah mie koclok mirip dengan sup krim tapi rasanya tak begitu ramai dan cenderung terasa netral di lidah. Mie koclok dihidangkan ala mie rebus sehingga cocok untuk disantap di malam hari saat udara dingin. Untuk topping di Mie Koclok Abah Gaul ada suwiran ayam, potongan telur, daun bawang, dan taoge. Untuk menyantap mie koclok di Abah Gaul, kamu cukup membayar Rp16.000 per porsinya. Kalau penasaran, jangan lupa mampir di warung ini.

Baca Juga  Kue Tiramisusu by Chocomory Yang Sedan Populer

– Alamat: Jl. Pekalipan No. 99, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon
– Jam buka: 18.00 – 23.30
– Harga: sekitar Rp16.000

2. Mie Koclok Mang Sam Pekiringan

Mie Koclok Mang Sam Pekiringan adalah salah satu penjual legendaris di Kota Cirebon. Warung mie koclok ini sudah ada semenjak tahun 1951 dan masih berjualan hingga sekarang. Pak Edy merupakan pendiri awal mie koclok yang satu ini. Pemegang warung mie koclok ini sekarang merupakan generasi ketiga. Ini membuktikan kalau kelezatan Mie Koclok Mang Sam dapat bertahan dan tak lekang oleh waktu.

Kuah kental dari mie koclok ini merupakan campuran antara santan dan tepung kanji yang menghasilkan kesan gurih. Hidangan ini lebih enak disantap saat masih panas. Harga satu porsi mie koclok ini adalah Rp18.000. Tak hanya ada mie koclok, warung ini juga menjual menu lainnya. Kamu bisa mencicipi gado-gado ayam, hundo (bihun gado-gado), dan miedo (mie gado-gado). Namun, yang paling banyak peminatnya dan paling digemari adalah mie kocloknya.

– Alamat: Jl. Pekiringan No.110, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon
– Jam buka: 18.00-23.00
– Harga: sekitar Rp18.000

3. Spesial Mie Koclok Panjunan

Di sepanjang Jalan Raya Cirebon banyak ditemukan penjual mie koclok. Namun, Mie Koclok Panjunan dikatakan sebagai mie koclok yang paling khas juga cukup terkenal dibandingkan warung mie koclok yang lain. Warung ini bertempat di sebuah bangunan yang tampak cukup tua. Di bagian depan agak ke samping terdapat sebuah gerobak untuk meracik mie koclok.

Kamu tak akan sulit menemukan tempat ini karena di bagian depan warungnya terpampang sebuah spanduk dengan tulisan “Spesial Mie Koclok Panjungan.” Mie Koclok Panjunan sudah berdiri sejak 1959-an. Pengelola warung ini merupakan generasi ketiga dan ternyata blasteran Cirebon Arab. Nama Panjunan sendiri adalah nama wilayah pemukiman Arab yang mulai ada sejak zaman Hindia Belanda. Yang membedakan mie koclok warung ini adalah penggunaan resep dari nenek moyang pemilik warung sehingga memiliki cita rasa yang khas. Kapasitas warung ini bisa menampung lebih dari 20 pengunjung.

Baca Juga  Resep Mie Jebew Yang Viral

Jam operasionalnya mulai dari pukul setengah empat sore sampai pukul sepuluh malam. Walaupun hanya menjual mie koclok, warung ini tak pernah sepi pengunjung. Mie koclok terdiri dari mie rebus di tambah siraman kuah kental serta di tambah telur rebus, irisan daun bawang, suwiran daging ayam, taoge, kol, taburan bawang goreng juga merica juga sambal merah di satu sisinya. Untuk menikmati mie ini, jangan lupa untuk mengaduknya terlebih dulu sampai tercampur rata. Rasa mie koclok memang agak unik karena ada gurih, pedas juga sedikit asin yang akan terasa sangat nikmat ketika di seruput dengan kuah kentalnya. Karena biasanya selalu penuh pembeli, kamu harus rela antre untuk mencicipi seporsi Mie Koclok Panjunan. Tak hanya bisa di makan di tempat, kamu bisa juga membawanya pulang. Harga seporsi Mie Koclok Panjunan di banderol sekitar RP15.000.

– Alamat: Jl. Pekarungan No. 104, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon
– Jam buka: 15.30 – 22.00
– Harga: sekitar Rp15.000

4. Mie Koclok Pak Rasita

Buka sejak 1979, Mie Koclok Pak Rasita ini di jalankan secara turun-temurun. Walaupun penjualnya dari generasi yang berbeda, rasanya tetap enak sama seperti waktu awal buka. Lokasi warung berada di pelataran rumah dan tempatnya selalu terlihat bersih dan luas. Kamu bisa bersantap siang bersama teman di sini.

Menu lain yang tersedia di warung ini adalah mie lontong juga mie lontong telur. Untuk pilihan minumannya tersedia soda, teh hangat, atau jus buah yang segar. Mie koclok di warung ini harga seporsinya sekitar Rp8.000 – Rp10.000, bergantung tambahan lauknya.

– Alamat: Jl. Bahagia No. 2, Gombang, Kec. Plumbon, Kab. Cirebon
– Jam buka: 10.00-17.00 WIB
– Harga: mulai dari Rp11.500

Baca Juga  Angkringan di Surabaya Yang Enak Dan Murah

5. Mie Koclok Mas Edi

Tempat Makan Mie Koclok

Tempat makan mie koclok di Cirebon lainnya yang legendaris adalah Warung Mie Koclok Pak Edi karena warung ini sudah berdiri sejak 1945. Warung yang sederhana ini terletak di pusat perkotaan Cirebon. Lokasi tepatnya di Jalan Lawanggada No. 23, Kec. Pekalipan. Warung ini buka mulai pukul 17.00 sampai 23.00. Jadi, Warung Mie Koclok Pak Edi cocok untuk kamu yang akan makan di sore atau malam hari. Meskipun warungnya berada di tepi jalan, warung ini tetap terlihat bersih. Selain itu, kelezatan kuah kentalnya masih terjaga hingga sekarang. Warung Mas Edi sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk mencicipi mie koclok di Cirebon.

– Alamat: Jl. Lawanggada No. 23, Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon
– Jam buka: 17.00 – 23.00
– Harga: sekitar Rp17.000

Kuliner khas Cirebon yang satu ini berbahan mie seperti mie celor atau mie kocok. Yang membedakannya adalah kuah kentalnya yang berwarna putih. Di Cirebon banyak di temui penjual mie koclok tapi yang di daftar ini sudah banyak di kenal oleh penggemar makanan ini. Untuk kamu yang masih belum akrab dengan mie koclok, coba cicipi kuliner khas Cirebon ini saat berkunjung ke sini. Jadi, kapan akan berlibur ke Cirebon?

error: Content is protected !!