21/06/2024

Daftar Rumah Makan Viral

Tempat Makan Paling Recomended Di Seluruh Indonesia

Oleh-Oleh Khas Padang

Oleh-Oleh Khas PadangAda banyak spot yang bisa dinikmati saat melancong ke Kota Padang. Keindahan wisata dan ragam kuliner lokal yang bikin kecanduan hanyalah segelintir pesona Ibukota Sumatera Barat ini. Sebelum beranjak dari Kota Padang, kamu tidak boleh melewatkan momen berbelanja oleh-oleh khas Padang.

Selain sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah, oleh-oleh Padang juga bisa sebagai kenang-kenangan tak terlupakan. Ada banyak oleh-oleh Padang yang bisa kamu bawa pulang, mulai dari rendang kemasan, aneka camilan, sampai makanan manis-manis seperti bolu. Lantas apa saja ragam oleh-oleh khas Padang yang wajib dibeli? Nah kali ini mimin akan membahas beberapa oleh-oleh khas padang yang dapat kamu kunjugi berikut ini :

1. Rendang Daging

Tidak diragukan lagi bahwa Padang memang identik dengan makanan khas satu ini. Yap Rendang! Bukan hanya nikmat ketika disantap langsung, Rendang Daging juga merupakan oleh-oleh Padang yang wajib dibawa pulang. Lembutnya tekstur daging sapi dipadu dengan kelezatan bumbu sangatlah menggoda selera. Tidak heran jika makanan khas Padang satu ini dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia oleh CNN.

Tenang, kamu bisa tetap menikmati kelezatan Rendang meski sudah berada di kampung halaman. Rendang yang sudah dikemas mampu bertahan lama sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin memborong oleh-oleh satu ini sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah. Kamu bisa pergi ke berbagai pusat oleh-oleh di seputaran Kota Padang untuk mendapatkan Rendang Daging kemasan.

2. Songket

Siapa bilang oleh-oleh itu cuma melulu tentang makanan? Berburu Kain Songket sebagai oleh-oleh juga sangat mengasyikkan, lho! Tidak seperti oleh-oleh berupa makanan yang bisa habis, Songket akan jadi kenang-kenangan abadi yang tak terlupakan sebagai tanda bahwa kamu pernah datang ke Padang.

Baca Juga  12 Tempat Makan di Bekasi

Kain Songket merupakan jenis kain khas Minangkabau yang di tenun dengan benang emas dan perak. Umumnya Songket banyak di jumpai di daerah Pandai Sikek dan Silungkang, Minangkabau. Motifnya bermacam-macam, seperti motif Kaluak Paku (pakis), motif Pucuak Rabuang (bambu), motif Bungo Antimun (mentimun), motif Bijo (biji bayam), dan motif Ilalang Rabah (rebah).

Kepopuleran Songket sebagai kain khas Minangkabau tidak perlu di ragukan lagi. Pernah lihat gambar penenun Songket di lembaran uang 5 ribuan edisi lama? Itu adalah gambar pengrajin Songket di Pandai Sikek. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk segera mencari Songket sebagai oleh-oleh Padang, ya!

3. Keripik Sanjai

Keripik sanjai adalah kudapan berupa keripik yang terbuat dari singkong khas Bukittinggi. Nama Sanjai di ambil dari nama jalan di desa Manggis yaitu Jalan Sanjai karena di situlah tempat pembuat keripik ini berasal.

Keripik Sanjai punya 3 varian rasa yaitu keripik tawar, asin dan pedas.  tawar menawarkan cita rasa original. Keripik asin di beri bumbu bawang putih, garam, dan kunyit sehingga warnanya kuning, sedangkan keripik pedas atau balado di bumbui dengan bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan cabai. Di daerah asalnya yaitu jalan Sanjai terdapat puluhan produsen pembuat keripik sanjai yang dapat di kunjungi. Bahkan jika datang langsung ke sini, kamu bisa membeli Keripik Sanjai dengan harga miring. Tidak cuma itu, kamu juga akan menemukan variasi olahan keripik yang lain, misalnya stik keripik. Menarik, bukan?

4. Kerupuk Jangek

Sudah jadi kebiasaan orang Indonesia yang gemar makan di temani kerupuk. Ada yang kurang rasanya kalau sedang makan tetapi tidak ada suara kriuk kriuk khas kerupuk. Nah, ada satu oleh-oleh khas Padang yang harus kamu bawa pulang. Kerupuk Jangek merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi. Pertama-tama, kulit sapi atau kerbau di jemur di bawah terik matahari sampai bersih. Kemudian di rebus sampai empuk dan di bersihkan bulu-bulunya. Berikutnya, kulit di bumbui sesuai selera, lalu di jemur lagi selama 3-7 hari sampai benar-benar kering.

Baca Juga  Viral Warung Makan Dengan Harga Makanan Jutaan

Kerupuk Jangek punya bentuk yang beragam, ada yang kotak memanjang, ada yang persegi. Teksturnya yang renyah dengan rasa yang gurih asin, cocok untuk jadi teman santap siang atau jadi teman ngemil kamu selama di perjalanan.

5. Keripik Balado

Masih seputar jajanan keripik, ada satu lagi oleh-oleh khas Padang yang populer. Di sepanjang sudut Kota Padang, kamu akan banyak menemui penjual Keripik Balado. Namun ada satu produsen Keripik Balado yang terkenal akan cita rasa khasnya. Terletak di Jalan Nipah, toko itu di miliki oleh Christine Hakim. Di sini, kamu bisa membeli Keripik Balado dengan harga Rp17.500 untuk kemasan 200 gram, sedangkan untuk yang memiliki berat 500 gram di patok dengan harga Rp44.000. Murah dan nikmat, tidak salah jika oleh-oleh satu ini selalu jadi favorit wisatawan saat berkunjung di Padang

6. Karak Kaliang

Oleh-oleh Padang berikutnya yang mesti kamu coba yaitu Karak Kaliang. Karak Kaliang merupakan sejenis kerupuk berbahan dasar ubi kayu dan di bentuk seperti angka delapan. Warnanya kuning, dengan cita rasa gurih dan asin yang berasal dari bumbu bawang putih.

Apabila kamu ingin membeli oleh-oleh Padang satu ini dengan harga yang lebih murah, datanglah ke pabrik pembuatannya langsung yang berlokasi di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Di sini, perkemasannya Karak Kaliang di hargai Rp5.000 saja. Sangat murah, bukan?

Akhir kata

Nah itulah 6 Oleh-Oleh Khas Padang yang dapat mimin bagikan kepada sobat kuliner di rumah dan dari rekomendasi Oleh-Oleh Khas Padang di atas mana nih sob tokoh oleh-oleh yang akan kamu kunjugi terlebih dahulu ? Jika kamu mencari rekoemdnasi tempat makan dan minuman kamu bisa kok cek artikel mimin lainnya hanya di siniya sob. Nah sampai di sini dulunya Sobat kuliner pembahsan kita kali ini dan sampi jumpa di artikel selanjutnya. Selamat mencoba 🙂

Baca Juga  13 Makanan Khas Sukabumi
error: Content is protected !!