24/02/2024

Daftar Rumah Makan Viral

Tempat Makan Paling Recomended Di Seluruh Indonesia

Makanan Khas Sumenep

Makanan Khas Sumenep, Sumenep merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur dan terletak di provinsi Madura. Sumenep memiliki banyak kekayaan budaya, tidak terkecuali dalam budaya kuliner. Ada banyak kuliner khas dari daerah Sumenep dengan cita rasanya yang lezat unik yang akan membuatmu ketagihan. Berikut 7 makanan khas Sumenep yang harus kamu cicipi saat berkunjung kesana. Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Campor

Campor sebenarnya merupakan sebuah hidangan yang mirip seperti sajian soto, namun campor di hidangkan dengan kuah santan kelapa yang memberikan cita rasa gurih. Dalam satu mangkuk campor, kamu bisa menemukan berbagai bahan makanan, mulai dari lontong, singkong, daun bawang, mie soun, serta tulang muda sapi. Selain di siram kuah santan kelapa, campor juga di beri tambahan bumbu kacang serta bawang goreng. Bagi kamu yang menyukai pedas, kamu juga bisa menambahkan cabai kedalam campor. Campor biasa menjadi hidangan yang di santap sebagai sarapan di pagi hari dan disajikan dalam keadaan hangat.

2. Nasi Romi

Makanan Khas Sumenep Sajian nasi romi khas Sumenep ini sekilas mirip dengan sajian nasi uduk yang ada di berbagai daerah. Nasi romi merupakan kuliner berupa nasi yang dimasak dengan menggunakan santan dan tambahan garam sehingga membuat nasi memiliki cita rasa yang gurih. Setelah matang, nasi romi biasa disajikan dengan abon sapi dan irisan telur dadar. Selain abon, nasi romi juga bisa di hidangkan dengan daging sapi yang disuwir kasar. Nasi romi juga lebih nikmat disantap dengan tambahan sambal petis ikan khas pulau Madura yang terbuat dari cabai rawit dan terasi. Para masyarakat Sumenep biasa menyantap nasi romi sebagai menu sarapan.

Baca Juga  7 Tempat Makan Keluarga di Bogor

3. Kaldu Kokot

Kaldu kokot juga sering di sebut dengan kaldu kikil, karena menggunakan bahan pelengkap berupa kikil sapi.  pada sajian kaldu kokot ini terbuat dari kacang hijau atau kedelai yang di masak dengan cara di rebus kemudian di sajikan dengan daging bagian bawah dari sapi dengan daging kikilnya yang masih menempel. Tekstur kikil pada kaldu kokot ini juga terasa sangat empuk dengan cita rasa kaldunya yang meresap sampai ke serat daging hingga tulang. Kaldu kokot juga disajikan dengan tambahan bumbu kacang yang di beri petis khas Madura. Kaldu kokot juga biasa di santap dengan tambahan lontong atau kroket singkong.

4. Apen Manis

Apen Manis merupakan jajanan tradisional khas Sumenep yang sudah cukup legendaris. Dari bentuknya, apen manis memiliki bentuk yang mirip dengan kue serabi. Namun apen manis terbuat dari bahan dasar tepung beras. Adonan tepung beras ini memiliki rasa yang tawar. Sementara rasa manis dari cemilan ini berasal dari kuahnya.

Kuah apen manis terbuat dari santan dan gula merah yang akan di siramkan pada adonan apen yang sudah matang. Cara memasak apen manis ini juga masih menggunakan cara tradisional, yaitu dengan memanggang adonan apen di atas wajan kecil yang terbuat dari tanah liat dan dipanggang menggunakan tungku kayu bakar yang membuatnya memiliki aroma khas.

5. Macho

Kuliner khas Sumenep yang memiliki nama unik ini sebenarnya merupakan jajanan tradisional berupa kue yang memiliki cita rasa manis. Kue ini juga seringkali menjadi cemilan dan jajanan favorit para anak-anak di Sumenep atau menjadi pilihan oleh-oleh para wisatawan. Bahan utama pembuatan kue macho adalah beras ketan dan gula merah. Selain manis, macho juga memiliki sedikit paduan rasa gurih. Macho biasa di bentuk dalam ukuran-ukuran kecil dengan warna-warna yang menarik dan di kemas dalam berbagai bentuk kemasan. Macho bisa dengan mudah kamu dapatkan di pusat perbelanjaan oleh-oleh yang ada di daerah Sumenep dan sekitarnya.

Baca Juga  Wah ini dia Nih 6 Menu Minuman Kokumi Yang Lagi Viral

6. Soto Sabreng

Ada banyak varian menu soto yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bagi kamu pecinta soto, kamu harus mencoba soto khas Sumenep yang bernama soto sabreng. Nama soto sabreng di ambil dari bahan pelengkap soto ini yaitu irisan ketela pohon yang dalam bahasa Madura di sebut sabreng. Soto sabreng juga memiliki ciri khas kuah dengan cita rasa kaldu yang kental. Saat di sajikan, kuah soto akan di sajikan terpisah dari mangkuk yang berisi bahan-bahan soto dan terdiri dari irisan lontong dan ketela pohon. Di atas irisan lontong dan ketela pohon tersebut kemudian akan di tambahan soun putih dan kemudian di siram dengan bumbu kacang serta di taburi bawang goreng dan kecambah goreng.

7. Soto Selingkuh

Makanan Khas Sumenep

Sajian soto unik lainnya yang berasal dari Sumenep adalah soto selingkuh. Kuliner ini di sebut dengan soto selingkuh karena terbuat dari perpaduan kuah soto babat dengan rujak khas Sumenep. Perpaduan dua kuliner ini akan memberikan cita rasa yang unik dan lezat dengan paduan cita rasa gurih, pedas, dan segar. Bahan-bahan yang di gunakan dalam rujak di antaranya adalah kacang tanah, pisang biji muda, petis ikan, dan petis daging yang akan di campurkan dengan kuah soto babat dan di tambahkan cingur, tahu, lontong, sayur, singkong, dan aneka buah-buahan. Sajian soto selingkuh juga akan di lengkapi dengan tambahan taburan kacang putih yang di goreng dengan campuran gula.

Wah, ternyata banyak sekali kuliner khas Sumenep yang cukup unik namun memiliki rasa yang lezat ya! Manakah di antaranya yang pernah kamu cicipi atau ingin kamu cicipi ketika berkunjung ke Sumenep? Ceritakan tentang kuliner Sumenep favoritmu di kolom komentar ya

Baca Juga  Ramai Diantre! Makanan di ITC Mangga Dua
error: Content is protected !!