28/03/2024

Daftar Rumah Makan Viral

Tempat Makan Paling Recomended Di Seluruh Indonesia

Tempat makan di Magelang

7 min read

Tempat makan di MagelangTempat makan di Magelang yang menawarkan suasana pedesaan dan tradisional

Tempat makan di Magelang, Kalau berbicara soal Candi Borobudur, rasanya masih banyak orang yang mengira bahwa ikon wisata Indonesia ini berada di Yogyakarta. Padahal kenyataannya, candi Buddha terbesar di dunia ini secara administratif berada di kawasan Magelang.

1. Sayuran sehat dari kebun sendiri: Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Ingin makan sesuatu yang sehat saat liburan namun tetap mendapatkan suasana ndeso khas Jawa? Kalau begitu Anda beruntung, karena di Magelang ada satu restoran yang menawarkan semua itu!

Sebelum memasuki bangunan utama resto, Anda akan terlebih dahulu disambut oleh area permainan anak, seperti ayunan dan jungkat-jungkit.

Selain menyediakan area makan utama berbentuk rumah joglo, Anda juga bisa memilih untuk bersantap di bagian outdoor, tepatnya di saung-saung yang terletak mengelilingi kolam dengan perkebunan hidroponik di tengah-tengahnya.

Ya, keunikan dari resto ini adalah adanya kebun hidroponik yang cukup luas dengan aneka sayur-mayur hijau yang tak hanya sedap dipandang, namun juga lezat disantap dan menyehatkan seperti kangkung, selada air, cabai, kale, labu, aneka buah-buahan dan banyak lagi!

Bahkan hampir semua menu sayur dan buah yang Anda pesan dipetik langsung dari kebun ini. Keren kan?!

Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Alamat: Jl. Dukun, Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Kec. Muntilan, Magelang
Telepon: 0877 3421 7771, 0811 914 6541
Jam Operasional: 08.00 – 20.30
Harga: Mulai Rp20.000

 

2. Magelang rasa Prancis: Villa Sumbing French Restaurant

Menu Eropa dengan suasana pedesaan? Kenapa nggak mungkin? Villa Sumbing French Restaurant bisa membuktikan bahwa dunia barat dan timur bisa bersatu di sini.

Restoran ini merupakan restoran milik pasangan koki asal Perancis dan wanita asli Magelang. Tidak banyak warga Magelang yang tahu tempat ini, sebaliknya justru kebanyakan turis luar negeri yang datang karena tempatnya memang cukup terpencil (sekitar 30 – 45 menit dari magelang, lewat jalan kecil).

Baca Juga  Tempat Wisata Kuliner di Tangerang

Bangunannya sendiri berupa sebuah pendopo dengan pemandangan langsung Gunung Merbabu dan hamparan sawah.

Tempat makan satu ini memiliki keunikan yang membuat para pelanggannya ingin kembali. Selain adem dan tenang, ternyata menunya yang unik menjadi daya tarik restoran ini. Ada Pizza, French Soup, Roast Beef, Rib Eye Steak, Turkey Steak dan hidangan Western lain yang “langka” dijumpai di Magelang.

Villa Sumbing French Restaurant

Alamat: Jalan Raya Kalegen, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah 56151
Telepon: 0813 2804 2721
Jam Operasional: 07.00 – 21.00
Harga: Mulai dari Rp65.000

3. Sentuhan kemewahan berbalut nuansa tradisional: Sekar Kedhaton

Sekar Kedhaton adalah tempat yang sangat unik, di mana tamu tidak hanya dapat menikmati menu makanan terbaik yang disajikan, yaitu perpaduan Indonesia (Jawa), Asia dan Barat, Anda juga dapat sambil menikmati dekorasi etnik jawa yang sangat kental.

Selain itu, di Ballroom anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan bisnis, seperti meeting, gala dinner, gathering hingga wedding.

Dengan arsitektur Joglo yang begitu tradisional unik di tengah hamparan lahan persawahan, makan di sini Anda akan serasa menyatu dengan alam. Restoran ini juga memberikan complimentary pertunjukan Wayang Kulit pada jam makan siang.

Ingin mencoba menu yang tak ada di tempat lain? Pesanlah Lumpia Gudeg-nya yang unik. Renyah di luar, manis dan gurih di dalam.

Sekar Kedhaton

Alamat: Jl. Raya Borobudur km. 2,5 Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56551
Telepon: (0293) 789 429 | 0817 275 611
Jam Operasional: 09.00 – 21.00
Harga: Makanan, Rp15.000 – Rp50.000 | Minuman, Rp7.000 – Rp25.000

4.  Restoran serba ada: BS Resto

Berdiri sejak tahun 2009, restoran yang mengusung desain natural dan tradisional ini menjadi tempat persinggahan favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Borobudur. Pasalnya restoran ini satu komplek dengan pusat kerajinan perak Borobudur Silver (BS).

Restoran ini dibangun dengan beberapa bagian. Bangunan Limasan Pertama merupakan pintu masuk yang terdapat beberapa barang-barang antik; Sementara Limasan kedua di gunakan untuk acara meeting atau pertemuan.

Meskipun ruangan tidak ber-AC namun pengunjung tidak perlu khawatir karena sekeliling restoran yang penuh dengan tanaman  hijau dan bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu Jati dan banyaknya ventilasi membuat Anda tetap nyaman.

Anda bisa melihat indahnya Pegunungan Menoreh dan megahnya Gunung Sumbing di sebelah barat dari dalam restoran. Di sini juga terdapat kolam pemancingan dengan saung-saung dimana kita bisa menikmati makanan yang kita pesan.

Baca Juga  Restoran di Sekitar Candi Borobudur dengan Pemandangan Indah

Pilihan menunyapun bervariasi, tak hanya masakan Indonesia namun juga hidangan Asia dan menu Western.

Alamat: Jl. Mayor Kusen KM. 2,4 Mungkid, Pabelan, Magelang, Jawa Tengah 56512
Telepon: (0293) 789 325 | 0812 2947 5140
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Harga: Rp20.000 – Rp100.000

5. Makan, mincing, atau berenang?: RM Moro Sakeco

Moro Sakeco memiliki kolam pemancingan dan restoran dengan menu hidangan ikan sebgai menu utamanya.

Memancing ikan di sini bisa dilakukan kapan saja tanpa menunggu musim panen dan hasil tangkapan langsung dapat dinikmati ditempat  dengan pilihan berbagai macam olahan ikan.

Suasana kolam pemancingan dan restoran yang ada di daerah Grabag, Magelang ini sungguh nyaman karena dikelilingi kolam dan pepohonan yang masih alami serta asri. Ornamen yang disuguhkan juga kental dengan suasana tradisional Jawa Tengah.

Uniknya, di sini terdapat pula kolam renang di mana Anda bisa bersantai bermain air sebelum atau selepas bersantap.

RM Moro Sakeco

Alamat: Jl. Cokro Grabag Km. 4 Magelang, Jawa Tengah 56196
Telepon: (0293) 550 7787
Jam Operasional: 08.00 – 20.00
Harga: Mulai dari Rp10.000

6. Ngopi ala Jawa: Alea Coffeeshop

Tidak melulu masakan Indonesia untuk mengusung tema tradisional suatu restoran. Kali ini sebuah coffeeshop di kawasan Candi Borobudur, Magelang, menghadirkan suasana khas tradisional Jawa dengan bangunan yang didominasi material bambu.

Kafe ini berhasil masuk di salah satu daftar Lonely Planet sebagai salah satu tempat di sekitar Borobudur yang patut dikunjungi. Alasannya, apalagi kalau bukan suasananya yang begitu tradisional dengan pemandangan sawah yang menghijau?

Menu makanan diantaranya adalah nasi goreng, roti bakar dan mie instan; Sedangkan untuk minumannya, jangan lewatkan aneka jenis kopi yang pas banget dinikmati sambil bersantai.

Alea Coffeeshop

Alamat: Jl. Balaputradewa 58, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Telepon: 0877 0548 8561
Jam Operasional: 07.00 – 22.00
Harga: Rp15.000 – Rp50.000

7.  Keindahan dekorasi dan seni kuliner: Amata Resto

Restoran ini merupakan bagian dari hotel resort Amata Borobudur yang berada di kawasan sekitar Candi Borobudur, Magelang. Nuansa pedesaan yang ditawarkan membuat siapapun betah makan berlama-lama di sini.

Tak hanya desain dan dekorasinya saja yang cantik, makanan yang dihidangkan pun disajikan secara apik di atas piring.

Meski nuansa Jawa terasa sangat kental, namun menu yang ditawarkan cukup beragam, ada Salmon Steak with Mushroom Sauce, Chicken Satay, Gado-Gado, Oxtail Fried Rice dan sebagainya. Oh ya, jangan lupa untuk memesan smoothies-nya yang enak banget.

Jika ingin makan malam romantis dengan pasangan, tempat ini pun bisa jadi pilihan. Anda dapat duduk di pinggir kolam dengan cahaya temaram lilin serta lantunan musik yang syahdu. Pasti dia bakal tambah kesengsem!

Baca Juga  Tempat Makan di Tanjung Pinang yang Paling Enak

Amata Resto

Alamat: Jl. Mendut Sendangsono, Progowati, Magelang, Jawa Tengah
Telepon: (0293) 788 988 | 0877 0546 6702
Jam Operasional: 07.00 – 22.00
Harga: Kisaran Rp70.000 per orang (Makanan)

8. Kulineran tempo doeloe di bawah pohon bambu: Pasar Kebon Watugede

Berbelanja sambil kulineran di pasar tradisional tentu selalu memberikan sensasi tersendiri. Nah, di Magelang ada pasar tradisional yang unik yaitu Pasar Kebon Watugede.

Kenapa unik? Karena pasar yang baru digagas awal 2018 ini mengusung tema jadul, dan hanya buka di hari-hari tertentu saja, tepatnya Minggu Legi dan Minggu Pahing dalam penanggalan Jawa. Bahkan untuk bertransaksi di sini kita diharuskan menggunakan Benggol alias mata uang tempo doeloe yang harganya Rp2000 per benggol.

Tak hanya bisa berbelanja sayur-mayur dan hasil tani lainnya, pengunjung bisa menikmati aneka makanan tradisional dalam suasana sejuk di bawah rindangnya pepohonan bambu. Ada nasi bakar, brongkos, gado-gado, lopis, dawet, dan banyak lagi makanan dan jajanan tradisional yang bisa Anda cicipi di sini. Oh ya, jangan lupa bawa kamera karena tempatnya Instagenik abis!

Pasar Kebon Watugede

Alamat: Dusun Jetak, Desa Sidorejo, Kecamatan Bandongan, Magelang
Jam Operasional: 06.00 – 11.00, setiap hari Minggu Legi dan Minggu Pahing
Harga: Mulai Rp4.000 (2 benggol)

9. Ngopi ditemani pemandangan persawahan: Coffee Dsik Kopi & Eatery

Bingung nyari tempat nongkrong yang asyik di Magelang di mana Anda bisa menikmati secangkir kopi, kudapan ringan, sembari menikmati pemandangan sawah?

Coffee Dsik hadir menjawab kegundahan Anda tersebut. Mengusung tema tradisional dan artistik, tempat nongkrong yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi ngumpul bareng temen-temen sambil bercengkerama di alam terbuka.

Selain area indoor, terdapat bagian outdoor dengan panorama langsung menghadap ke hamparan sawah. Bangunan utamanya terinspirasi dari rumah Joglo khas Jawa yang dilengkapi beberapa pendopo kecil serta taman yang asri.

Selain kopi, masih ada berbagai menu lain yang bisa Anda icip, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat penangkal lapar. Dan pada hari-hari tertentu, mereka menghadirkan menu spesial yang disajikan secara istimewa! Tempat makan di Magelang

Coffee Dsik Kopi & Eatery

Alamat: Jl. Raya Jogja-Magelang, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56512
Telepon: (0293) 589 1882 | 0813 2825 9779
Jam Operasional: 14.00 – 22.00

10. Makan malam romantis ala Jawa: Senthong Asri

Senthong Asri adalah hotel sekaligus restoran yang berada di kawasan Candi Borobudur, Magelang.  Di sini, pengunjung tak hanya bisa menikmati masakan khas Jawa saja, namun juga kuliner Asia lainnya hingga masakan barat.

Tempat makan ini didesain dengan konsep pendopo semi terbuka yang sangat kental dengan nuansa Jawa. Lampu-lampu gantung nan elegan pun kian menambah kesan mewah di sini, apalagi menjelang sore saat lampu-lampu tersebut, mulai dinyalakan.

Tersedia pula sebuah gazebo yang berada di atas kolam ikan bagi Anda yang ingin bersantap sambil lesehan.

Tempat makan di Magelang, Menu favorit pengunjung di sini antara lain mie goreng, gado-gado serta ayam gorengnya yang begitu gurih dan empuk.

Senthong Asri

Alamat: Jl. Balaputradewa 22, Borobudur – Magelang, Jawa Tengah
Telepon: 0851 0255 6789
Jam Operasional: 06.00 – 22.00

Sudah saatnya memanfaatkan waktu liburan dengan mengeksplor lebih banyak lagi setiap sudut Magelang. Magelang bukan cuma Borobudur saja, lho!

Baca juga: Viral Presiden Jokowi

error: Content is protected !!