29/03/2024

Daftar Rumah Makan Viral

Tempat Makan Paling Recomended Di Seluruh Indonesia

Tempat makan di Magelang

4 min read

Tempat makan di Magelang

Tempat makan di Magelang, Kalau berbicara soal Candi Borobudur, rasanya masih banyak orang yang mengira bahwa ikon wisata Indonesia ini berada di Yogyakarta. Padahal kenyataannya, candi Buddha terbesar di dunia ini secara administratif berada di kawasan Magelang.

Berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Jogja, selain Borobudur, Magelang juga masih banyak menyimpan tempat-tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, budaya, seni, hingga sejarah yang semuanya keren dan mengagumkan.
Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang tempat-tempat wisata itu, melainkan wisata kuliner apa saja yang dapat Anda nikmati ketika mengunjungi kota ini, lengkap dengan suasana tradisional Jawa Tengah.

1. Sayuran sehat dari kebun sendiri: Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Ingin makan sesuatu yang sehat saat liburan namun tetap mendapatkan suasana ndeso khas Jawa? Kalau begitu Anda beruntung, karena di Magelang ada satu restoran yang menawarkan semua itu!

Sebelum memasuki bangunan utama resto, Anda akan terlebih dahulu disambut oleh area permainan anak, seperti ayunan dan jungkat-jungkit.

Selain menyediakan area makan utama berbentuk rumah joglo, Anda juga bisa memilih untuk bersantap di bagian outdoor, tepatnya di saung-saung yang terletak mengelilingi kolam dengan perkebunan hidroponik di tengah-tengahnya.

Ya, keunikan dari resto ini adalah adanya kebun hidroponik yang cukup luas dengan aneka sayur-mayur hijau yang tak hanya sedap dipandang, namun juga lezat disantap dan menyehatkan seperti kangkung, selada air, cabai, kale, labu, aneka buah-buahan dan banyak lagi!

Baca Juga  Wisata Kuliner Sumatera Utara

Bahkan hampir semua menu sayur dan buah yang Anda pesan dipetik langsung dari kebun ini. Keren kan?!

Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Alamat: Jl. Dukun, Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Kec. Muntilan, Magelang
Telepon: 0877 3421 7771, 0811 914 6541
Jam Operasional: 08.00 – 20.30
Harga: Mulai Rp20.000

2. Magelang rasa Prancis: Villa Sumbing French Restaurant

Menu Eropa dengan suasana pedesaan? Kenapa nggak mungkin? Villa Sumbing French Restaurant bisa membuktikan bahwa dunia barat dan timur bisa bersatu di sini.

Restoran ini merupakan restoran milik pasangan koki asal Perancis dan wanita asli Magelang. Tidak banyak warga Magelang yang tahu tempat ini, sebaliknya justru kebanyakan turis luar negeri yang datang karena tempatnya memang cukup terpencil (sekitar 30 – 45 menit dari magelang, lewat jalan kecil).

Bangunannya sendiri berupa sebuah pendopo dengan pemandangan langsung Gunung Merbabu dan hamparan sawah.

Tempat makan satu ini memiliki keunikan yang membuat para pelanggannya ingin kembali. Selain adem dan tenang, ternyata menunya yang unik menjadi daya tarik restoran ini. Ada Pizza, French SoupRoast Beef, Rib Eye Steak, Turkey Steak dan hidangan Western lain yang “langka” dijumpai di Magelang.

Villa Sumbing French Restaurant

Alamat: Jalan Raya Kalegen, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah 56151
Telepon: 0813 2804 2721
Jam Operasional: 07.00 – 21.00
Harga: Mulai dari Rp65.000

3. Sentuhan kemewahan berbalut nuansa tradisional: Sekar Kedhaton

Sekar Kedhaton adalah tempat yang sangat unik, di mana tamu tidak hanya dapat menikmati menu makanan terbaik yang disajikan, yaitu perpaduan Indonesia (Jawa), Asia dan Barat, Anda juga dapat sambil menikmati dekorasi etnik jawa yang sangat kental.

Baca Juga  Tempat Makan Enak

Selain itu, di Ballroom anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan bisnis, seperti meetinggala dinner, gathering hingga wedding.

baca juga: Sanya Malhotra membuat pernyataan

Dengan arsitektur Joglo yang begitu tradisional unik di tengah hamparan lahan persawahan, makan di sini Anda akan serasa menyatu dengan alam. Restoran ini juga memberikan complimentary pertunjukan Wayang Kulit pada jam makan siang.

Ingin mencoba menu yang tak ada di tempat lain? Pesanlah Lumpia Gudeg-nya yang unik. Renyah di luar, manis dan gurih di dalam.

Sekar Kedhaton

Alamat: Jl. Raya Borobudur km. 2,5 Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56551
Telepon: (0293) 789 429 | 0817 275 611
Jam Operasional: 09.00 – 21.00
Harga: Makanan, Rp15.000 – Rp50.000 | Minuman, Rp7.000 – Rp25.000

4.  Restoran serba ada: BS Resto

Berdiri sejak tahun 2009, restoran yang mengusung desain natural dan tradisional ini menjadi tempat persinggahan favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Borobudur. Pasalnya restoran ini satu komplek dengan pusat kerajinan perak Borobudur Silver (BS).

Restoran ini dibangun dengan beberapa bagian. Bangunan Limasan Pertama merupakan pintu masuk yang terdapat beberapa barang-barang antik; Sementara Limasan kedua di gunakan untuk acara meeting atau pertemuan.

Meskipun ruangan tidak ber-AC namun pengunjung tidak perlu khawatir karena sekeliling restoran yang penuh dengan tanaman  hijau dan bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu Jati dan banyaknya ventilasi membuat Anda tetap nyaman.

Anda bisa melihat indahnya Pegunungan Menoreh dan megahnya Gunung Sumbing di sebelah barat dari dalam restoran. Di sini juga terdapat kolam pemancingan dengan saung-saung dimana kita bisa menikmati makanan yang kita pesan.

Baca Juga  Tempat Makan di Lubuklinggau

Pilihan menunyapun bervariasi, tak hanya masakan Indonesia namun juga hidangan Asia dan menu Western.

BS Resto

Alamat: Jl. Mayor Kusen KM. 2,4 Mungkid, Pabelan, Magelang, Jawa Tengah 56512
Telepon: (0293) 789 325 | 0812 2947 5140
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Harga: Rp20.000 – Rp100.000

5. Makan, mincing, atau berenang?: RM Moro Sakeco

Moro Sakeco memiliki kolam pemancingan dan restoran dengan menu hidangan ikan sebgai menu utamanya.

Memancing ikan di sini bisa dilakukan kapan saja tanpa menunggu musim panen dan hasil tangkapan langsung dapat dinikmati ditempat  dengan pilihan berbagai macam olahan ikan.

Suasana kolam pemancingan dan restoran yang ada di daerah Grabag, Magelang ini sungguh nyaman karena dikelilingi kolam dan pepohonan yang masih alami serta asri. Ornamen yang disuguhkan juga kental dengan suasana tradisional Jawa Tengah.

Uniknya, di sini terdapat pula kolam renang di mana Anda bisa bersantai bermain air sebelum atau selepas bersantap.

RM Moro Sakeco

Alamat: Jl. Cokro Grabag Km. 4 Magelang, Jawa Tengah 56196
Telepon: (0293) 550 7787
Jam Operasional: 08.00 – 20.00
Harga: Mulai dari Rp10.000

baca juga: BMW G 310 RR India

Sudah saatnya memanfaatkan waktu liburan dengan mengeksplor lebih banyak lagi setiap sudut Magelang. Magelang bukan cuma Borobudur saja, lho!

error: Content is protected !!