10 KULINER JOGJA PALING DICARI

10 KULINER JOGJA PALING DICARI

10 KULINER JOGJA PALING DICARI Ada yang Cuma 6 Ribu. Mari menjelajah Jogja melalui rasa. Cicipi manis, pedas, asam, dan asinnya kekayaan kuliner Jogja serta kisah di baliknya. Meskipun banyak tempat kuliner ini hanya buka malam hari, pengunjung tak pernah sepi.

1. Mangut Lele Mbah Marto

Memang bikin emosi mencari lokasi warung makan Mbah Marto yang nyempil di tengah perkampungan, apalagi tidak ada papan penunjuk jalan menuju ke sana dari Jalan Parangtritis. Mau tak mau harus bertanya penduduk sekitar untuk menemukan keberadaannya. Selengkapnya lihat di MANGUT LELE MBAH MARTO – Terperangkap Nikmatnya Olahan Mangut Lele Asap.

2. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Nasi putih panas dipadu oseng-oseng super pedas meledak di mulut. Kelezatan kikil bercampur aneka bumbu dapur menggoyang lidah, menuntut kita untuk pantang berhenti menyuap. Selengkapnya lihat di OSENG-OSENG MERCON BU NARTI – Pedasnya Meledakkan Mulut.

3. Joglo Pari Sewu

https://id.wikipedia.org/wiki/Kuliner_tradisional_indonesia

Bangunan lawas seperti joglo atau pendopo selalu membuat hati terpikat. Apalagi bila dipadukan dengan suasana alamnya yang masih kental. Di tempat makan unik Joglo Pari Sewu bisa menikmati bangunan lawas sekaligus berwisata di bantaran sungai. Selengkapnya lihat di JOGLO PARI SEWU – Makan di Bangunan Kawakan, Pinggir Grojogan.

4. Gudeg Pawon

Dapur menjadi tempat krusial bagi rumah makan. Saking krusialnya, terkadang pengunjung tidak diizinkan untuk mendatangi tempat untuk memasak itu. Namun, berbeda dengan Gudeg Pawon yang malah mengharuskan semua pengunjungnya masuk ke dapur. Selengkapnya lihat di GUDEG PAWON – Langsung Saja ke Dapur Ketika Lapar Menghambur.

5. Saoto Bathok Mbah Katro

Mencicipi kuliner mblusuk yang legendaris di Jogja, Saoto Bathok Mbah Katro, soto sapi dalam mangkok dari batok kelapa. Selengkapnya lihat di SAOTO BATHOK MBAH KATRO – Sensasi Soto dalam Batok Kelapa.

6. Soto Kadipiro

Ingin merasakan bagaimana rasa soto yang usianya hampir satu abad? Cobalah soto Kadipiro. Eits, tapi jangan sampai salah pilih, karena hanya ada satu yang asli. Selengkapnya lihat di SOTO KADIPIRO – Resep Turun Temurun Hampir 100 Tahun.

7. Gudeg Bromo Bu Tekluk

yang lebih dikenal dengan nama Gudeg Bu Tekluk dirintis oleh Bu Sukijo sejak tahun 1984. Gudeg yang berada dekat dengan Gang Bromo, Gejayan ini menyediakan gudeg basah yang menggugah selera dengan dominasi rasa gurih serta pedas dari sambal krecek yang lezat. Sebagai lauk tambahan, pembeli dapat memilih suwiran ayam kampung, paha, dada, rempelo ati, telur, tempe, tahu bacem dan berbagai gorengan. Jika gudeg-gudeg lain menggunakan krecek kulit sapi sebagai bahan utama sambal krecek mereka, Gudeg Bromo ini lebih memilih menggunakan kulit kerbau. Tekstur kenyal dan tak hancur saat dimasak membuatnya begitu menggoda. Selengkapnya lihat di Gudeg Bromo Bu Tekluk.

8. Gudeg Permata

Dirintis oleh Bu Pujo sejak tahun 1951 silam, gudeg permata ini tak pernah sepi pembeli. Warung Gudeg yang berada di sebelah utara gedung Bioskop Permata ini hanya buka pada malam hari. Menu utama yang disajikan adalah gudeg basah yang cenderung gurih dan tidak terlalu manis. Sebagai pelengkap, sambal krecek yang pedas, beragam lauk dan sayur opor dapat dijadikan pilihan. Pada saat akhir pekan dan musim liburan, warung gudeg ini akan dipenuhi para pelanggan yang berasal dari luar kota. Meskipun harus mengantri, mereka tak pernah mengeluh karena semuanya akan terganti dengan seporsi gudeg lezat ini. Selengkapnya lihat di Gudeg

9. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Di tengah menjamurnya restoran cepat saji dengan menu ayam krispi, Mbah Cemplung tetap bertahan dengan ayam goreng rumahan sebagai menu andalan. Hadir dengan cara tradisional dan sederhana, ayam krispi pun ia lawan. Selengkapnya lihat di AYAM GORENG MBAH CEMPLUNG – Dari Dusun Semanggi, Mbah Cemplung Lawan Ayam Krispi.

10. Mie Ayam Afui

Banyak orang yang bilang, “tidak ada yang mustahil.” Ada! Menghabiskan seporsi monster Mie Ayam Afui sekali duduk. Selengkapnya lihat di MIE AYAM AFUI – Ada yang Tidak Mungkin.